Perihal Sorotan

Kemajuan pembangunan tidak hanya diukur dari besaran-besaran ekonomi makro. Pembangunan juga harus berpihak kepada seluruh rakyat tanpa kecuali. Keberpihakan pembangunan ekonomi, bukan hanya diwujudkan oleh pertumbuhan ekonomi yang tinggi misalnya, tetapi harus juga diikuti dengan penurunan dalam ketimpangan pendapatan, serta penurunan ketimpangan kesempatan (opportunity) melalui akses terhadap kesempatan kerja yang layak, Investasi human capital melalui pendidikan dan kesehatan.

Secara berkala, perkembangan indikator keberpihakan pembangunan ekonomi perlu untuk diinformasikan kepada publik. Relevansi indikator keberpihakan apa yang perlu menjadi perhatian publik sering bervariasi tergantung dari perkembangan sosial ekonomi yang terjadi. Debat publik sering mengambil isu-isu yang berbeda-beda dan cenderung berkembang sesuai perkembangan yang ada.

Dalam keberpihakan.org, sentimen publik yang terekam dalam debat publik melalui berbagai media akan menjadi dasar sorotan yang perlu untuk diinformasikan dan dikaji lebih jauh. Oleh karena itu, ketika dirasa diperlukan, tim keberpihakan.org akan menayangkan sorotan dari perkembangan indikator keberpihakan pembangunan yang relevan dengan sentimen publik pada saat itu. Di bagian sorotan inilah, publik bisa melihat apa isu yang sedang menjadi topik hangat dalam perbincangan publik serta juga dapat melihat isu-isu apa saja yang pernah menjadi isu relevan untuk dikaji.

Sorotan

Meningkatnya Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Pada tahun 2012, rata-rata pendapatan penduduk 10% terkaya adalah 12 kali lipat rata-rata pendapatan penduduk 10% termiskin. Dalam lima tahun, rasio ini meningkat pesat dari hanya 9.6 kali lipat di tahun 2007. Indikator ketimpangan yang lain seperti koefisien Gini juga mengalami peningkatan pesat.

komentar 1

Baca


Kesenjangan Akses Terhadap Pekerjaan di Sektor Formal Semakin Meningkat

Pada tahun 2012, akses terhadap kesempatan kerja formal untuk kelompok masyarakat miskin (20% termiskin) 40% lebih rendah daripada kelompok masyarakat kaya (20% terkaya). Kesenjangan ini jauh lebih tinggi dibandingkan periode pra-reformasi.

komentar 1

Baca


Peningkatan Akses Terhadap Pendidikan Tinggi Lebih Banyak Dinikmati Masyarakat Kaya

Angka partisipasi perguruan tinggi secara nasional meningkat selama 5 tahun terakhir. Akan tetapi peningkatan itu lebih didorong oleh kenaikan partisipasi kelompok masyarakat 20% terkaya. Kesenjangan akses mengalami kenaikan pesat.

komentar 0

Baca


Kesenjangan Akses Terhadap Air Bersih Semakin Melebar

Pada tahun 2012, 84% kelompok masyarakat 20% terkaya mempunyai akses terhadap air bersih, sementara hanya 48% kelompok masyarakat 20% termiskin mempunyai akses. Kesenjangan akses ini cenderung melebar selama 5 tahun terakhir.

komentar 0

Baca